Monday, 22 July 2013

Sejarah Lele Sangkuriang

Lele Sangkuriang merupakan keturunan dari lele dumbo. Lele dumbo masuk ke Indonesia pada tahun 1985, sebelumya masyarakat Indonesia hanya mengenal lele lokal dengan segala keterbatasan kualitas yang dimilikinya. Sejak diperkenalkan, lele dumbo langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat. Pasalnya, jenis lele yang didatangkan dari Taiwan ini memiliki banyak keunggulan dibanding lele lokal pada saat itu, diantaranya tumbuh lebih cepat, jumlah telur lebih banyak dan lebih tahan terhadap penyakit. Namun, dari segi cita rasa lele lokal masih jauh lebih unggul dari lele dumbo.

Kehadiran lele dumbo di Indonesia menyebabkan popularitas lele lokal meredup. Masyarakat banyak yang beralih ke lele dumbo dan dalam waktu singkat lele dumbo telah menjadi primadona produk perikanan domestik saat itu.Sayangnya, perkembangan budidaya lele dumbo yang terbilang pesat tidak diimbangi dengan pengelolaan induk yang baik. Akibatnya, lele dumbo yang beredar di masyarakat mengalami penurunan kualitas. Indikasi nyata dari penurunan kualitas tersebut ditunjukan dengan laju pertumbuhan ikan yang semakin lambat, semakin rentan terhadap penyakit dan respon terhadap pakan tambahan kian menurun.

Penurunan kualitas lele dumbo diakibatkan oleh terlalu seringnya dilakukan perkawinan sekerabat dan seleksi induk yang salah. Akibatnya, pemijahan yang dilakukan malah menggunakan induk yang berkualitas rendah. Hal inilah yang tidak disadari oleh sebagian besar pembudidaya lele dumbo yang ada.

Penurunan kualitas lele dumbo telah mengundang keprihatinan beberapa kalangan, seperti para pakar perikanan di Indonesia dan terutama pihak Departemen Perikanan dan Kelautan. Sebagai upaya mengembalikan kualitas lele dumbo agar mendekati kualitas ketika pertama kali didatangkan ke Indonesia, Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi telah berhasil merekayasa genetik lele dumbo dengan melakukan silang balik (back cross).

Proses silang balik dilakukan dengan mengawinkan induk lele dumbo betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan generasi keenam (F6). Induk betina F2 merupakan induk yang dimiliki BBPBAT Sukabumi yang merupakan keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia tahun 1985. Sementara itu, induk jantan F6 merupakan keturunan dari induk betina F2.

Upaya silang balik mulai dirintis tahun 2000-an. Ternyata, upaya tersebut menunjukan hasil positif. Benih yag dihasilkan dari induk hasil silang balik tersebut lebih unggul dan mendekati kualitas benih lele dumbo ketika awal diintroduksi ke Indonesia. Selain itu, kemampuan bertelur induk dan daya tetas telur terbilang tinggi. Kemudian, lele hasil silang balik tersebut disosialisasikan dan disebarkan secara terbatas pada tahun 2002-2004 yang dipusatkan di daerah Bogor dan Yogyakarta. Tahun 2004, lele hasil silang balik tersebut resmi dilepas secara luas oleh Departemen Perikanan dan Kelautan sebagai komoditas baru ikan lele unggul dan dikukuhkan melalui SK Mentri Perikanan dan Kelautan No.KP.26/MEN/2004 tanggal 21 Juli 2004. Lele dumbo hasil silang balik tersebut kemudian diberi nama Lele Sangkuriang. Konon, nama tersebut dipilih karena terinspirasi oleh cerita rakyat Jawa Barat tentang kisah asmara Sangkuriang dengan ibu kandungnya bernama Dayang Sumbi. Persilangan balik ini memang mirip dengan kisah Sangkuriang, yakni induk lele betina disilangkan dengan induk jantan yang masih keturunannya.

4 comments:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RIJI atas bantuannya saya bisa menang togel,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang karna anka yang di berikan MBAH 4695 ternyata tembus..!!! awalnya saya cuma coba2 menelpon,saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan tidak ada onkos pulang,mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil,sekali lagi makasih banyak yaa MBAH dan saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik MBAH RIJI ,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 082 388 362 128 MBAH RIJI Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kaliny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saudara punya permasalahan ekonomi:hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro,yang berminat,silahkan hubungi aki santoro di no:0823 1294 9955, ATAUKLIK DISINI

      Delete
  2. Ternyata ikan lele sangkurian berasal dari lele dumbo. Terimakasih infonyaaa

    ReplyDelete